Enak YA Jadi PEROKOK??




























Sosok bungkus rokok + isinya, dijual bebas loh di INDONESIA kita.

usia tua maupun yang muda , mau pria maupun wanita BISA membeli rokok dengan mudahkadang, suka miris kalau liat anak kecil beli rokok , meskipun tujuannya untuk orang tuanya tapikan opini orang berbeda beda...






Pada awalnya, kok rokok bisa ada? 

Sejak abad ke 16 dan tembakau cepat semakin populer sebagai tanaman obat (farmakognosi) Pada awal abad ke-17 di wilayah Amerika modern, terutama di kolonial Inggris.
Pada tahun 1611, sebuah perkebunan di Virginia Inggris yang dimiliki oleh John Rolf. Benih tembakau ia impor dari Trinidad dan Venezuela, dengan teknologi yang dipinjam dari Sir Walter Raleigh, Bahkan 8 tahun kemudian mulai mengekspor tembakau dari Virginia ke Inggris, John Rolf secara permanen menetap di Dunia Baru dan bahkan menikahi putri kepala India yang memberikan saran untuk mencoba keberuntungannya di tembakau. Di antara para bangsawan pecinta tembakau antara lain adalah Raja Prusia Frederick I (pada abad ke-18)
“Old Joe” (Joe Tua) merupakan merek rokok yang pertama kali muncul didunia dan pertama kali muncul pada perusahaan rokok RJ Reynolds (Richard Joshua Reynolds) pada tahun 1913.
Camel – Salah satu nama merek rokok, yang diakui dunia internasional dan telah menjadi standar kualitas universal. Kronologi industri tembakau Amerika dan sampai hari ini dibagi menjadi dua periode utama yaitu sebelum “Camel” dan setelah “Camel”. Pencipta Camel dan kerajaan tembakau adalah RJ Reynolds Tobacco Company (RJR), Richard Joshua Reynolds turun dalam sejarah tidak hanya sebagai seorang pengusaha yang sukses, tetapi juga sebagai pemasar berbakat.
Perkembangan rokok di Indonesia berawal dari cerita kretek dari kota Kudus, Jawa Tengah.

Ada apa dengan Asbak Dunia?

Asbak Dunia disini maksudnya.. Negara penghasil abu sisa hasil rokok yang sedang dibakar, gue sih nyebunya (ASRO) abu hasil rokok. Ssssttt.. gue kasih tau, INDONESIA merupakan negara penghasil ASRO peringkat ke 2 di dunia! 
mnding kalau peringkat 2 di pendidikan, gue bangga. tapi.. kalau peringkat 2 di dunia setelah India? what do you think? hmmm...

" Ah.. sok tau lo. Lo jangan asal nyebut ya! "

Gue bukan mau sok tau.. disini gue cuma menyebarkan informasi apa yang telah gue dapet dari pembelajaran gue selama ini.
Belum lama ini, gue ikut lomba mewakili sekolah. Lombanya dari BNN jogja, yaitu PSBN (Perilaku Sekolah Bersih dan Sehat) yang dilombakan antar sekolah menengah atas (SMA) swasta sejogja.
1 tim gue, Farika Regina, Steven Yuhansen Hadi, Paulina Nareswari , dan gue mendapatkan pembelajaran tambahan tuh dari puskesmas setempat, untuk mempersiapkan lomba ini.

Nah.. karna saat itu yang dibahas adalah tentang Narkoba, dalam pikiran gue tercetus pikiran tentang rokok. Dan hasil yang gue peroleh mengejutkan! Indonesia masuk peringkat ke2 penghasil ASRO.    
                                                   
                       Jadi gue berani untuk memberikan informasi ini ke publik :)

kok bisa bahaya, tapi padahal buatnya biasa aja, toh ada yang dilinting sendiri.. ga masalah ah buat gue..

yap.. memang dengan telanjang mata alias dengan penglihatan sekilas sih, rokok ga bahaya bahaya amat kalau diliat dari proses tembakau yang tinggal di linting atau di gulungkan.
Tapi.. memang bukan itu bahayanya.. menurut hasil penelitian yang gue lakukan, rokok sangat berbahaya saat awal mula terbentuk. Ya, seperti contoh ilustrasi diatas tadi..

Pertama, tembakau. nyadar ga sih, kalau sebuah pohon itu harus diberi peptisida dan kawan kawan zat kimia lainnya? nah, itu baru yang pertama..

Kedua, Pohon. Gimana mau hidup di bumi, kalau pohon selalu kita tebangi? gimana mau menghirup oksigen murni, bila tak terlintas rasa peduli? 

Ketiga, tembakau dijemur dibawah teriknya matahari, pohon diolah menjadi lembaran lembaran kertas. Gini, tembakau yang dijemur tadi dicuci atau diolah untuk dibersihkan dahulu atau tidak? pernahkah terlintas akan ini?. Pohon, hanya diolah menjadi lembaran kertas yang kemudian nantinya dibakar dan hilang? untungkah buat kita?

Keempat, tembakau dan kertas di jadikan satu untuk siap di linting atau di gulung dengan tenaga manusia. Yang menjadi pertanyaan selama ini , apa benar hanya tembakau dan kertas saja yang di pakai? 

Kelima, Siap edar. setelah semua step dilewati, jadilah rokok rokok batangan yang siap dibakar dan dipakai oleh penggunanya. step akhir ini, merupakan step penentu tingginya kebutuhan akan rokok.   



emang semua rokok jenis dan isinya sama?

wahahahaa.. kata siapaaa? 
jadi rokok itu dibagi jadi 5 macem, dan ini nih gue paparin..


1. Bidis: Tembakau yang digulung dengan daun temburni kering dan diikat dengan benang. Tar dan karbon monoksidanya lebih tinggi daripada rokok buatan pabrik. Biasanya ditemukan di Asia Tenggara dan India.
2. Cigar: Dari fermentasi tembakau yang diasapi, digulung dengan daun tembakau. Adaberbagai jenis yang berbeda di tiap negara. Yang terkenal dari Havana, Kuba.
3. Kretek: Campuran tembakau dengan cengkeh atau aroma cengkeh berefek mati rasa dan sakit saluran pernapasan. Jenis ini paling berkembang dan banyak di Indonesia.
4. Tembakau langsung ke mulut atau tembakau kunyah juga biasa digunakan di AsiaTenggara dan India. Bahkan 56 persen perempuan India menggunakan jenis kunyah. Adalagi jenis yang diletakkan antara pipi dan gusi, dan tembakau kering yang diisap dengan hidung atau mulut.
5. Shisha atau hubbly bubbly: Jenis tembakau dari buah-buahan atau rasa buah-buahan yang disedot dengan pipa dari tabung. Biasanya digunakan di Afrika Utara, Timur Tengah, dan beberapa tempat di Asia. Di Indonesia, shisha sedang menjamur seperti dikafe-kafe.

ssstt updatetann..
namanya ROKOK ELEKTRIK!
kilas info aja deh ya, pertama kali rokok ini bisa ada karena dikembangkan oleh SBT CO LTD , di beijing!

rokok elektrik.. hmm, lebih sehat nih pasti? kan ga pake korekk wkwkw

eitss.. yang namanya rokok, apalagi berbahan kimia semua.. mana ada kan bahan kimia masuk ke tubuh selain obat itu baik? hehehe.. 
So, menurut kepala badan POM menjelaskan nih.. bahwa kandungan propilen glikol, dieter glikol dan gliserin sebagai pelarut nikotinnya, ternyata dapat menyebabkan penyakit kanker loh! 

terus, buat resiko bagi pengguna aktif atau pasif gimane bang?

bagi perokok pasof, ga berbahaya.. alias lebih aman. Kenapa? karena rokok elektrik ini menghasilkan uap, bukan asap . dan bagi perokok aktif, resiko lebihhh besar kalau pake liquid yang mengandung nikotin.






ah bodo.. rokok bikin nyaman gini, yang cowok ga ngerokok banci oy! kalau cewek ngeroko beuh.. keren gila! udeh lah, keren kalau ngerokok. penyakit mah urusan akhir..

Gubrakk..
begitulah opini opini para perokok, bagaimana pendapat pendapat yang sepintas bisa membuat pendengar/pembacanya ketawa sejenak.
cowok tanpa rokok = banci 
cewek ngerokok = keren!
uwooww.. opini yang tidak sesuai dengan kenyataan juga. 
heran memang, sudah dipasang peringatan peringatan yang terus di lakukan oleh pemerintah. Tapi, dibenak mereka (perokok aktif) sih bodo amat, meski harus melihat dampak perokok pada bungkus rokok.

Kalau harus beropini, gue sih mikir nya.. gimana mau berhenti ngerokok? kalau tembakau aja masih di tanem. Iklan iklan rokok aja keren keren. Harga rokok aja , masih murah banget dibandingkan harga rokok diluar negri. beuh..


ah.. rokok aje enak.. penyakit ga penting.. toh ga besar besar amat efeknye.. 

Tau ga sih? selain rokok dapat menyebabkan kanker blablabla tadi, sebenernya masih banyaaaaaakk sekali efek efeknya. Yah, pasti ga dihiraukan juga sih sama perokok, tapi.. sekedar tau buat yang belum merokok itu penting. nih gue kasih beberapa efek yang gue dapet dari internet :

1. Rokok dengan Jantung : rokok bisa menyebabkan penyakit jantung coy!
2. Rokok dengan Paru-paru : Rokok bisa nyumbat paru paru karna asapnya!
3. Rokok dengan alat reproduksi pada pria : Impoten! percuma ganteng-ganteng impoten.. mending dibilang banci karna ga ngerokok masih bisa berkerja , hihihihi
4. Rokok dengan Mulut : gigi kuning, mulut kering, bau tak sedap . hyek.

masih banyak sebenernya , Intinya aja.. rokok itu bukan buat kita keren bukan buat kita enjoy, rokok itu malah memberi bonus kita supaya orang orang dapat menjauhi dan ilfeel dengan keadaan kita saat merokok. 

lah, gue mau gimana kalau berenti gatel mulut.. masih pengen terus. Gimana dong..?

Nih.. dari yang pernah gue dapet..
berenti rokok itu gampang gampang susah sih.. tipsnya simple kok.

pertama... Niat. taukan kenapa niat? ya.. kalau ga ada niat dikitpun mau cara gimanapun ga akan bisa berenti..
kedua.. banyakin liat efek ngerokok. Kenapa? ya karna kita akan tersugesti untuk sedikit demi sedikit mundur dari pengaruh rokok.
ketiga.. ganti rokok dengan permen. Yak.. maksudnya, tiap kali "gatel" pengen merokok, bisa kok di alangin makan permen. coba deh..

tipsnya simpel kan? cobain dulu aja.. 

Selamat berfikir kembali ya.. inget.
Rokok itu virus yang bisa menyebar, menjadi, dan membunuhmu dan sekitarmu.


hehehehehehe 




sumber : 
http://kemonbaca.blogspot.com/2012/08/bahaya-merokok-akibat-dan-bahaya-rokok.htmlhttps://adlibidtum.wordpress.com/2014/10/27/siapa-penemu-rokok-pertama-kali-di-dunia/ http://www.sampoerna.com/id_id/our_products/about_kretek/pages/the_history_of_kretek.aspx http://sains.me/94/sejarah-rokok.html/ http://faridahshafa.blogspot.com/2011/02/proses-pembuatan-rokok.html http://theglobejournal.com/images/web/rokok-singapore.jpg

-ilustrator by me-


37 komentar:

  1. Wah, bener banget nih. Aku juga menulis kisah pendek tentang rokok di http://www.anisae.com/2013/12/suamiku-pembunuh-bukan-aku.html, akhirnya suami berhenti merokok. Lumayan, uangnya bisa dibuat kebutuhan yang lain.

    Pastinya, jangan pernah bangga karena rokok -,- bikin kanker juga (kantong kering)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuihh.. asik nih berhasil..!

      ngerokok ga enak juga ya sebenernya.. wkwk

      Hapus
  2. Wah ilustrasi nya keren...
    Makasih sharing nya yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaha.. asal nyoret aja, lewat tab juga susah euy bikin garisnya mana jempol gede wkwkw

      ah, ngerokok ga nih?

      Hapus
    2. okeokee.. tapi udah nggak kan?

      Hapus
  3. Duh, peringkat kedua, ya? Miris juga sih. Btw, ide ilustrasinya keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, sedih mangkanya.. masak iya segitu seremnya negara ini huhuhu

      Hapus
  4. Kalau cowok ga ngerokok itu banci, mending aku pacaran sama banci deh hahaha mending banci tapi bisa menghargai diri sendiri, daripada keren tapi bego.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw.. boleh boleh dah alasannya.. tapi , banci juga ngerokok e.. trus?

      Hapus
    2. rokok banci bukan dari tembakau, melainkan dari ..... :D

      Hapus
    3. wwkwk.. banci sama rokok ga jauh beda lah, sama sama ga buat waras.

      Hapus
  5. Sekarang ada iklan berhenti merokok dari yang kena dampak karena rokok. Asik keren nih iklannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes iyes , makin hari makin brani nih pemerintah kita .. sip dah!

      Hapus
  6. gue nambahin lagi nih tips buat berhenti rokok. "punya pacar". soalnya kalo uda punya pacar, duit lo bakalan abis buat dia, bukan buat rokok. hahaha :D

    BalasHapus
  7. wah lumayan sih.. aku blom pernah nyobain rokok , tapi karna udah banyak tuh peran pemerintah dari iklan iklan tentang rokok yang hanya boleh di tayangin jam 11 malam keatas, sampai bungkusan2 dalam rokok, dukung terus aja lah peran pemerintah! ya ga? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. benul ! kita dukung, bahkan kita bantu! yeah!

      Hapus
  8. bang kalau bahaya nikotin sama tar di rokok ape ya? makasih bang...

    BalasHapus
    Balasan

    1. sumbernya http://bahaya-rokok-nikotin.blogspot.com/2013/01/bahaya-nikotin-dan-tar-rokok.html || Tar dan resin, suatu cairan kental berwarna kuning-cokelat. Tar dan resin juga dapat mengiritasi sistem pernapasan, sehingga menjadi sulit bernapas. Keduanya dapat menumpuk dan mengganggu kerja paru-paru. Sekitar 30 jenis senyawa yang terdapat dalam tar diduga dapat menyebabkan kanker.
      Nikotin, zat bersifat racun dan dapat menyebabkan adiksi (ketergantungan). Nikotin merupakan stimulansusunan saraf pusat. Dosis fatal nikotin pada manusia adalah 60 mg.

      Hapus
  9. thx infonya, artworkya keren-keren
    unik y, ternyata susur itu salah satu dari macam-macam rokok yang ada. oh y, terus upaya yang bisa kita lakukan agar orang berhenti merokok apa y, bapak ku perokok berat nih soalnya ,gambar2 serem dampak dari merokok soalnya gk berpengaruh nih. tolong sarannya y ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih, sebenernya juga ga begitu efektif kalau buat perokok yang udah berat. kadangkala emang bandel karna udah ketagihan. yah, dari tips diatas dicoba aja, pendekatan anak ke orang tua tuh penting loh. coba dulu aja, smoga berhasil! 😁

      Hapus
  10. keren nih kak,thread kali ini
    harusnya pemerintah mengatur penjualan rokok di supermarket atau pasar,kan perokok bisa berkurang,plg tidk di kalangan pelajar D :

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya sekarang, bukan bisa nggak nya pemerintah menghenitikan penjualan di pasaran . tapi , bisa enggaknya pemerintah menghentikan / meneman produksi pabrik rokok. ya ga? hehe

      Hapus
  11. kalo lo ngerokok juga,lo sama sekali gak cOOL ! nafas lo bau,gigi lo kuning,tampilan lo lusuh semacam manusia goa. ew. no. buhbye deh sama gebetan

    BalasHapus
    Balasan
    1. untungnya tidsk ingin merokok, meski ada pengalaman akan rokok semasa kecil dulu hahaha.. pernah 1 kali pas sd/tk, nyoba rokok disuruh bokap, batuk gila gue.. jadi ogah lah

      Hapus
  12. Orang yg ngerokok ditempat umum itu egois, nggak mikirin kesehatan orang lain....jahat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaa.. bener sih.. korban iklan juga kan? nah, tugasnya cuma 1 buat kita.. kalau ngerokok dipublik lain waktu bisa loh buat di sinindir halus, untuk jangan ngerokok di area itu, karna banyak orang.. begituuh

      Hapus
  13. infonya sangat menarik...
    mantap..

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. makasih gan infonya dan salam sukses

    BalasHapus
  16. mantap bos artikelnya dan sangat menarik

    BalasHapus
  17. terimakasih mas buat infonya dan salam sukses

    BalasHapus
  18. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah??? Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

    BalasHapus
  19. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

    BalasHapus
  20. Menarik sekali, perlu saya coba ini.. kebetulan lagi cara tentang hal ini.

    BalasHapus
  21. Yah begitulah, backlink dari google ini memang perlu untuk kita kejar dan kita dapatkan

    BalasHapus